Selasa, 21 Februari 2012

Manfaat daun Sirih Untuk Manusia

Bermanfaat - Manfaat Daun Sirih Untuk Manusia

Berbagai manfaat dari tumbuhan dan hewan yang ada di dunia ini yang dapat dimanfaat untuk kehidupan manusia, seperti manfaat cacing tanah, manfaat bakteri, manfaat buah durian, manfaat buah alpukat bahkan kutu juga bermanfaat untuk manusia. Pada artikel bermanfaat kita kali ini akan coba kita angkat mengenai manfaat salah satu tumbuhan merambat yang juga sangat populer untuk kesehatan yaitu manfaat daun sirih. sebelum kita membahas mengenai manfaat dari daun sirih, ada baiknya kalau kita mengetahui dulu tentang apa sih yang dinamakan daun sirih itu? Daun sirih adalah tanaman asli dari negara kita Indonesia yang tumbuh secara merambat atau bersandar dan menumpang pada batang pohon yang lain. Sirih dimanfaatkan sebagai tanaman obat, sirih bermanfaat dalam berbagai upacara-upacara adat yang ada di rumpun orang melayu. Orang-orang tua jaman dahulu sering memanfaatkan sirih sebagai bahan cemilan dengan cara dikunyah yang katanya sirih dapat bermanfaat untuk menguatkan gigi. Itulah sebabnya orang-orang tua jaman dulu rata-rata mempunyai gigi yang kuat dan sehat, serta jarang keropos. Daun sirih berwarna hijau, batangnya merambat dan beruas merupakan tempat keluarnya akar. kandungan yang terdapat dalam daun sirih antara lain adalah minyak atsiri, seskuiterpen, pati, diatase, gula, zat samak dan kavitol yang bermanfaat untuk membunuh kuman.

Daun sirih dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam kebutuhan manusia, manfaat yang paling utama dari daun sirih adalah untuk kesehatan manusia. Daun sirih bermanfaat untuk mencegah dan menyembuhkan berbagai macam penyakit pada manusia. Berikut adalah beberapa manfaat dari daun sirih untuk manusia versi bermanfaat.
  1. Menghilangkan bau mulut.
    Daun sirih dipercaya dapat menghilangkan bau tak sedap pada mulut kita, dengan cara merebus beberapa lembar daun sirih dan menggunakannya untuk obat kumur bisa juga dengan langsung mengunyah satu lembar daun sirih tersebut selama 2 atau 3 kali sehari.
  2. Mengobati Mimisan.
    Daun sirih dapat dimanfaatkan untuk mengobati mimisan dengan cara menggulung selembar daun sirih sampai minyaknya keluar, kemudian memasukkan gulungan daun sirih tersebut ke dalam lubang hidung untuk menyumbat aliran darah yang keluar dari lubang hidung.
  3. Obat Batuk.
    Daun sirih bermanfaat untuk mengobati batuk dengan cara mencampurkan 5 lembar daun sirih dengan cengkeh, kapulaga dan kemukus masign-masing 11 biji dan kayu manis kira-kira sepanjang 5 - 7Cm. Rebus dengan air sebanyak 2 gelas hingga tersisa 1 gelas saja kemudian angkat dan saring. Untuk anak-anak dengan umur 1 sampai 3 tahun diminumkan 3 kali sehari sebanyak 1 sendok makan, untuk anak usia 4 - 5 tahun 3 sendok makan, anak usia 6 - 11 tahun 5 sendok makan dan untuk orang dewasa 5 sendok makan sebanyak 3 kali sehari.
  4. Mengobati keputihan.
    Gunakan rebusan daun sirih sebagai pembersih pada bagian sensitif kewanitaan, untuk mengobati dan mencegah keputihan serta gatal-gatal pada daerah tersebut. daun sirih dapat juga diminum untuk obat keputihan dan gatal dengan mencampurkan daun sirih tersebut dengan tanaman kumis kucing, kunyit, tapak liman dan sambiroto.
  5. Mengobati Alergi.
    Daun sirih dapat digunakan sebagai obat luar untuk mengobati alergi yang menimbulkan gatal-gatal pada kulit, dengan cara menumbuk 6 lembar daun sirih ditambah satu potong jahe dan stengah sendok minyak kayu putih kemudian dioleskan pada kulit yang mengalami gatal akibat alergi.
  6. Mengobati sakit gigi.
    Sakit pada gigi memang sangat menyiksa sekali, penyakit ini dapat diobati dengan memanfaatkan daun sirih. Caranya dengan merebus beberapa lembar dari daun sirih dengan 2 gelas air, dimasak hingga mendidih kemudian didinginkan lalu dikumur pada mulut. bisa juga dengan mencampurkan daun sirih dengan garam kemudian di seduh dengan air mendidih lalu dikumurkan setelah air seduhan daun sirih tersebut dingin.
  7. Menghilangkan bau badan.
    Untuk menghilangkan bau badan, daun sirih dapat dimanfaatkan dengan dua cara yaitu dengan diminum dan dioleskan langsung pada ketiak. Untuk cara yang diminum, daun sirih direndamkan kedalam air panas setengah gelas, ditambah satu sendok teh gula pasir, kemudian didiamkan sampai menjadi hangat atau suam-suam kuku. Saring dan minum air rendaman tersebut. Cara kedua yaitu dengan meremas-remas daun sirih kemudian mengoleskannya pada ketiak agar baunya hilang.
  8. Mengatasi Pembengkakan pada gusi.
    Daun sirih dapat mengatasi pembengkakan pada gusi akibat infeksi dengan cara merebus 5 sampai 6 lembar daun sirih sampai mendidih, setelah dingin kemudian diangkat lalu disaring tambahkan garam secukupnya kemudian dikumur 3 kali sehari.
  9. Mengobati Diare.
    Daun sirih dapat mengobati diare dengan cara menumbuk campuran daun sirih dengan 6 biji lada dan minyak kelapa, kemudian dioleskan pada perut.
Demikianlah beberapa manfaat dari daun sirih untuk manusia versi bermanfaat. Semoga dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua.

Sumber
| http://www.lagalus.com | http://id.wikipedia.org | http://dniell.com | http://bikinbetah.blogspot.com |

Dipublikasikan Oleh : Fahmi Alghifari ~ Semua Itu Bermanfaat ~

Judul Artikel Manfaat daun Sirih Untuk Manusia ini dipublikasikan oleh Fahmi Alghifari Melalui Komputer Dekstop Murahan Pada hari Selasa, 21 Februari 2012. Terima kasih atas kunjungan Anda semua. Kritik dan saran demi kemajuan blog ini dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Semoga Artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

.::Karena Tiada Satupun Ciptaan-Nya Yang Tak Bermanfaat ::.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...