Jumat, 20 Januari 2012

Manfaat Buah Durian


Kemarin, sempat beli buah durian dipinggir jalan nih.. Setelah menikmatinya, jadi pengen nulis artikel tetang manfaat buah durian. Sebelumnya di Bermanfaat kita telah membahas mengenai Manfaat Gerakan Dalam Sholat. Nah, kali ini Bermanfaat kembali mengupas mengenai manfaat buah durian. Buah durian adalah salah satu dari berbagai jenis buah-buahan yang enak untuk dikonsumsi, selain rasanya yang enak dan memiliki aroma yang sangat harum, durian juga mengandung banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan kita, karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, tidak hanya pada dagiing buahnya saja, namun juga pada kulit buah durian tersebut. Namun sayang tidak banyak orang yang mengetahuinya bahkan tak jarang diantara kita menganggap bahwa buah durian adalah buah yang dapat merugikan kesehatan.

Sebelum kita memulai lebih jauh mengenai manfaat buah durian ini, ada baiknya kita berkenalan dengan buah unik yang satu ini. Buah Durian atau Durio Ziberthinus Murr adalah tanaman berupa pohon. Sebutan durian diduga berasal dari kata Duri yang kemudian diberi akhiran-an. Kata ini diberikan karena memang kulit dari buah ini berduri sangat tajam. Tanaman durian itu sendiri berasal dari hutan Malaysia, Sumatra dan Kalimantan yang merupakan tanaman liar, buah ini sudah dikenal manusia sejak abad ke 7 Masehi.
Buah durian memiliki mineral alami yang mudah dicerna oleh tubuh. Ternyata, buah durian mengandung kandungan fosfor dan zat besi 10 kali lebih banyak dari pada buah pisang. Kandungan gizi dari setiap 100 gram buah durian adalah 28,3 gram karbohidrat, 1,4 gram serat, 2,5 gram protein, 2,5 gram lemak dan 67 gram air, serta dapat menghasilkan energi sebesar 520 kj energi.

Berikut adalah manfaat buah durian versi Bermanfaat :
  1. Karena buah durian mengandung asam folat dan zat besi yang tinggi maka durian dipercaya dapat mengatasi Anemia.
  2. Selain mengandung asam folat dan zat besi, buah durian juga mengandung serat yang dapat mengatasi masalah sembelit, bahkan kulit durian juga dapat memperlancar proses buang air besar dengan cara menumbuk buah durian sampai lumat kemudian mengoleskannya keperut.
  3. Buah durian juga adalah salah satu sumber vitamin C yang berguna sebagai anti oksidan alami yang dapat menghambat proses penuaan pada kulit.
  4. Di dalam buah durian juga terkandung kalsium, potasium dan vitamin B yang sangat baik untuk kesehatan tulang dan persendian.
  5. Kandungan mangaan dalam buah durian dapat menjaga kestabilan kadar gula dalam darah.
  6. Buah durian mengandung Niasin dan Thiamin yang dapat dimanfaatkan untuk menambah nafsu makan.
  7. Dapat membantu mengatasi migrain atau sakit kepala sebelah karena buah durian mengandung Riboflavin atau vitamin B2.
  8. Dapat mengurangi stress dan depresi karena di dalam buah durian terkandung Piridoksin.
  9. Dengan kandungan fosfor buah durian juga dapat membantu kesehatan gigi.
  10. Berdasarkan hasil penelitian, kulit buah durian mengandung karbon yang tinggi yang dapat dimanfaatkan untuk membuat karbon aktif yang bermanfaat untuk industri yang digunakan sebagai absorbent (penyerap gas metana) dan super kapasitor untuk pembuatan batu baterai.
Demikian beberapa manfaat buah durian versi Bermanfaat bagi manusia.Karena tidak ada satupun ciptaan-Nya yang tak bermanfaat




Dipublikasikan Oleh : Unknown ~ Semua Itu Bermanfaat ~

Judul Artikel Manfaat Buah Durian ini dipublikasikan oleh Unknown Melalui Komputer Dekstop Murahan Pada hari Jumat, 20 Januari 2012. Terima kasih atas kunjungan Anda semua. Kritik dan saran demi kemajuan blog ini dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Semoga Artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

.::Karena Tiada Satupun Ciptaan-Nya Yang Tak Bermanfaat ::.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...