Selasa, 10 Januari 2012

Manfaat Semut Untuk Kehidupan Manusia

Bermanfaat - Manfaat Semut Untuk Kehidupan Manusia.

Cara Semut Bersilaturahmi
Pada Artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai Manfaat Cacing Tanah. Berkaitan dengan itu maka artikel kali ini akan coba kita bahas mengenai Manfaat Semut Untuk Kehidupan Manusia. Selama ini mungkin banyak diantara kita yang masih belum mengetahui apa sebenarnya manfaat dari hewan kecil bernama semut itu, bahkan banyak diantara kita yang memandang sebelah mata hewan yang satu ini, bahkan sampai membunuhnya dengan berbagai alasan.

Semut adalah serangga Eusosial yang berasal dari keluarga Formisidae semut juga termasuk dalam ordo Himenoptera bersama dengan lebah dan tawon. Semut terbagi atas lebih dari 12.000 kelompok dengan perbandingan jumlah yang besar dikawasan tropis. Semut dikenal dengan koloni dan sarang-sarangnya yang teratur, yang terkadang terdiri dari ribuan ekor semut perkoloni. Jenis semut dibagi menjadi 3 bagian yaitu: Semut pekerja, Semut pejantan dan Ratu semut. Satu koloni dapat menguasai dan memakai sebuah daerah yang luas untuk mendukung kegiatan mereka. Koloni semut kadang dikatakan suatu Superorganisme karena koloni-koloni mereka yang membentuk sebuah kesatuan.


Walaupun semut memiliki ukuran tubuh yang kecil, tetapi dengan keterbatasan itu semut ternyata memiliki Banyak manfaat untuk kita umat Manusia. Apa saja sih manfaat dari hewankecil bernama semut itu?
Berikut adalah beberapa Manfaat Semut Untuk Kehidupan Manusia versi Bermanfaat:
  1. Semut Bermanfaat untuk menjaga kebun dari serangan hamadan penyakit, karena semut dapat memangsa hama yang secara langsung merusak tanaman ataupun yang menyebarkan penyakit pada tanaman.Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa semut jenisRangrang dapat memangsa berbagai jenis hama tanaman seperti: hama kepik hijau, ulat pemakan daun, ulat pemakan buah dan berbagai jenis kutu-kutuan pada tanaman coklat, mete dan jeruk.
  2. Semut Bermanfaat untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Pada beberapa penelitian menunjukkan bahwa semut ampuh untuk mengobati penyakit Kanker, Kolesterol, Maag, dan Asam Urat.
  3. Semut Bermanfaat untuk memberikan kita pelajaran berharga. Beberapa kebiasaan semut yang dapat kita jadikan pelajaran adalah sebagai berikut:
    1. Saling bertegur sapa ketika bertemu. Kebiasaan semut yang berhenti sejenak ketika saling bertemu itu dapat dijadikan pelajaran bahwa memberikan salam kepada siapapun yang berpapasan dengan kita, menegur dengan suara yang lembut dan memberikan senyum dengan penuh keikhlasan serta saling mendoakan satu dengan yang lainnya akan membuat kita selalu berada dalam keberkahan.
    2. Kebiasaan semut yang berjalan pada jalur yang teratur. disini kita dapat memetik pelajaran agar kita selalu berjalan pada jalan yang telah ditentukan yaitu jalan kebenaran sebagai jalur hidup kita, agar kita tidak tersesat di rimba yang bernama Dunia dan tidak tenggelam di dalamnya.
    3. Semut mengajarkan kita untuk selalu berbagi. Kita sering melihat jika ada satu ekor semut menemukan makanan, maka tidak lama kemudian segerombolan semut akan datang untuk mendekati makanan itu,hal ini memberikan kita pelajaran untuk selalu saling berbagi dengan sesama, tidak boleh kikir karena berbagi itu indah, dengan berbagi tidak akan membuat kita kekurangan melainkan akan bertambah dan bertambah.
Demikianlah beberapa Manfaat Semut Untuk Kehidupan Manusia, Karena tiada satupun Ciptaan-Nya yang tak Bermanfaat

Dipublikasikan Oleh : Unknown ~ Semua Itu Bermanfaat ~

Judul Artikel Manfaat Semut Untuk Kehidupan Manusia ini dipublikasikan oleh Unknown Melalui Komputer Dekstop Murahan Pada hari Selasa, 10 Januari 2012. Terima kasih atas kunjungan Anda semua. Kritik dan saran demi kemajuan blog ini dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Semoga Artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

.::Karena Tiada Satupun Ciptaan-Nya Yang Tak Bermanfaat ::.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...